3 Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Coba

3
Serabi
Serabi

Daerah Istimewa Yogyakarta memang istimewa. Hingga saat ini Yogyakarta mendapatkan perlakuan istimewa dari pemerintah pusat, Sultan Hamengkubuwono sebagai pemimpin Kasultanan Yogya sekaligus diangkat sebagai Gubernur DIY tanpa melalui pemilihan umum seperti provinsi lainnya. Tapi yang tak kalah istimewa adalah kuliner khas Yogya yang penuh cita rasa.

Kuliner khas Yogya tergolong komplit. Dari menu utama yang berat untuk disantap. Hingga kudapan ringan tapi cukup mengenyangkan sebagai selingan. Kalau jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa mencicipi kuliner khas Yogya berikut ini:

Gudeg 

Gudeg adalah kuliner khas Yogya yang merupakan menu utama. Gudeg terbuat dari nangka muda dengan bumbu yang menonjolkan rasa manis. Disajikan bersama tempe bacem, pindang telur, dan sayur krecek ini sangat menggugah selera, pas sebagai lauk berteman nasi hangat. Salah satu sentra kuliner gudeg Yogya yang terkenal adalah Gudeg Wijilan. Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan tak hanya menyajikan sajian makan di tempat , tetapi juga siap melayani pembelian untuk buah tangan. 

Serabi Kocor

Kudapan yang terbuat dari tepung beras, parutan kelapa muda dan garam ini dikenal sebagai camilan tradisional khas Yogya. Dimasak menggunakan penggorengan tanah liat tanpa minyak goreng di atas tungku. Setelah matang dikocor atau diguyur kuah campuran gula jawa dan santan. Salah satu penjual Serabi Kocor yang terkenal adalah Serabi Kocor Ngadinem di tepi jalan Raya Bantul Yogyakarta. Para pembeli bisa menikmati Serabi Kocor hangat-hangat sambil menyaksikan proses pembuatan kuliner lezat ini

Bakpia Pathuk

Ke Yogyakarta belum sah jika tidak belanja oleh-oleh khas Yogya, yaitu Bakpia Pathuk. Sesuai namanya, sentra Bakpia khas Yogya yang paling terkenal adalah di daerah Pathuk, Ngampilan. Uniknya merk bakpia yang dijual para pengrajin ditandai dengan nomor rumah masing-masing. Misalnya Bakpia Pathuk 25, Bakpia Pathuk 77, Bakpia Pathuk 75 dan lainnya. Camilan olahan tepung terigu, gula, garam dan isian kacang hijau ini nikmat disantap sebagai kudapan teman teh atau kopi hangat. Apalagi kini isian bakpianya bervariasi sesuai zaman, ada coklat, durian, strawberry, keju, green tea, ubi ungu hingga cappuccino.

Tak terasa menelan air ludah membayangkan kuliner khas Yogya? Mungkin saatnya mengemasi ransel dan bersiap berkelana menyusuri kota nan ramah di bagian tengah pulau Jawa.

Artikulli paraprakSadar Jika Dikangenin, Gudeg Jogya pun Dikalengin
Artikulli tjetërLima Alasan Mengapa Yogyakarta Menjadi Favorit Tujuan Wisata