Lima Alasan Mengapa Yogyakarta Menjadi Favorit Tujuan Wisata

2
Prambanan
Prambanan

Yogyakarta, tak dapat dipungkiri adalah kota wisata yang memikat hati. Setiap pelancong yang mengunjungi, pasti  kembali lagi. Yogyakarta seperti namanya, dia memang istimewa. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penamaan “istimewa” sebab Yogyakarta adalah wilayah bersejarah, pernah menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia. 

Namun bagi para pelancong, keistimewaan Yogyakarta paling nyata adalah pada daya tariknya sebagai obyek wisata. Yogyakarta mampu menjadi kota wisata yang dicintai wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Mengapa Yogya berhasil menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia? Ini lima alasan utamanya:

Ramah dan terbuka

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang ramah dan terbuka. Kondisi yang kondusif membantu meningkatkan daya tarik Yogya sebagai kota wisata. Penduduknya ramah dan akses informasi mengenai Yogyakarta mudah didapatkan darimana saja.

Obyek wisata lengkap

Yogyakarta adalah wilayah yang memiliki obyek wisata lengkap. Ingin berkunjung ke peninggalan zaman dahulu bisa menikmati Candi Prambanan, Candi Boko, Kompleks Taman Sari. Ingin menikmati suasana pantai pasti tak melewatkan Pantai Parangtritis atau Pantai Indrayanti. Butuh tujuan wisata sekaligus belajar pasti tak melewatkan Kebun Binatang Gembiraloka, Monumen Jogja Kembali atau Taman Pintar. Tak ketinggalan berbagai obyek wisata yang dramatis eksotis seperti Goa Pindul, Tebing Brexit, kompleks Gunung Api Nglanggeran atau Curug Luweng Sampang. 

Biaya hidup murah

Budget pas-pasan? Tak perlu khawatir, sebab biaya hidup di Yogyakarta tak terlalu mahal. Aneka penginapan dengan tarif di bawah 100 ribu semalam pun tersedia. Makanan bisa didapatkan murah meriah di angkringan dan kaki lima dengan cita rasa istimewa

Memiliki ikon wisata bersejarah

Salah satu keunggulan Yogyakarta adalah adanya ikon wisata bersejarah yang instagramable. Berfoto di sekitar Monumen Tugu atau di sekitar beringin kembar alun-alun, atau bergaya di depan papan penunjuk Jl. Malioboro atau sentra batik Prawirotaman adalah idaman para pelancong untuk dipamerkan di media sosial

Lokasi strategis

Yogyakarta terletak di bagian tengah pulau Jawa. Lokasinya yang strategis, transportasi yang lengkap karena bisa diakses melalui jalan darat, kereta api maupun udara menjadi salah satu alasan mengapa para wisatawan memilih Yogyakarta sebagai tujuan utama.

Datanglah ke Yogyakarta. Sehari dua hari tak akan pernah cukup untuk menjelajahnya. Sebab Yogyakarta sangatlah istimewa.

Artikulli paraprak3 Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Coba